TKK Santa Maria Ratu Rosari Gianyar berdiri pada tanggal 1 Agustus 1981 dengan nama: TK SWASTIASTU, di bawah Yayasan Swastiastu pusat Denpasar. Berdasarkan persetujuan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan No. surat 30/19/Kep/1.87. kemudian mulai tahun 2002 nama TK SWASTIASTU di ganti dengan nama TKK Santa Maria Ratu Rosari.

Berdirinya TKK Santa Maria Ratu Rosari ini merupakan wujudnya peran serta gereja dalam mendukung pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya bagi masyarakat” anak-anak” di Gianyar dan sekitarnya. Tkk Santa Maria Ratu Rosari menempati bangunan sekolah yang berada di dalam kompleks gereja menyatu dengan pastoran dan sekolah ukir yang sekarang telah di serahkan ke Tkk Santa Maria Ratu Rosari dan telah di tempati oleh kelompok A.

Secara kewilayahan TK ini berada di kelurahan Abianbase, kecamatan Gianyar. Letak sekolah berada di Jl. Mulawarman No. 92 A, Gianyar sehingga mudah di jangkau melalui segala arah khususnya menggunakan kendaraan bermotor atau mobil dengan fasilitas parkir yang cukup memadai. Keberadaan TKK Santa Maria Ratu Rosari ini merupakan jawaban atas kebutuhan umat dan warga sekitar yang pada tahun 1981 masih sangat terbatas jumlah sekolah TK di wilayah Gianyar.

Dalam perkembangan sekolah selama 28 tahun TKK Santa Maria Ratu Rosari telah memberikan pelayanan terbaik dalam mengelola sekolah dengan memberikan perhatian pada perkembangan sumber daya manusia. Hal ini sangat jelas dari semakin tingginya minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di TKK Santa Maria Ratu Rosari Gianyar. Sebagai wujud kepedulian sekolah dalam pengembangan mutu pendidikan, selain peningkatan kualitas guru, juga tersedianya berbagai fasilitas pendidikan yang meliputi:

  1. Tersedianya gedung sekolah yang baru dan memiliki LCD di dalam kelasnya.
  2. Jumlah kelas yang di miliki oleh TKK Santa Maria Ratu Rosari yakni 6 kelas.
  3. 1 perustakaan yang di lengkapi dengan buku bacaan anak-anak , LCD, TV, DVD, TAPE
  4. Ruang penyimpanan alat drumband, dan alat permainan lainnya.
  5. Setiap ruang kelas di lengkapi dengan kipas Angin dll.

Selama 28 tahun TKK santa maria ini berdiri telah terjadi pergantian kepala sekolah sebanyak 6 kali yaitu:

PERIODE I: Theresia Avila W.A (1978-1992)
PERIODE II: Martin Br. Tarigan (1992-1994)
PERIODE III: Hendrika Ni Made Yuliati (1994-2005)
PERIODE IV: Suster Natali da costa Neri, FdCC, S.Pd (2005-2013)
PERIODE V: Suster Erlisda Wati Largus Tamba, FdCC (2013-2016)
PERIODE VI: Suster Yohana Sasi FdCC, S.Pd (2016-sekarang)